Senin, 09 Februari 2015

SALAM PEMBUKA


Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarokatuh,
Buah Pena adalah buah pemikiran, setiap pemikiran adalah gagasan yang logis yang harus dituangkan dalam kehidupan sepanjang bisa dipertanggung jawabkan secara nalar maupun konsep yang mempunyai sumber yang bisa dipertanggung jawabkan pula. Muhammadiyah adalah perkumpulan yang mempunyai ciri khas gerakan tajdid (pembaharu). Sejak awal berdirinya pada 18 nopember 1912 di Yogyakarta, KH Ahmad Dahlan sebagai penggagas telah menanamkan pondasi dari pada perubahan melalui gerakan pena. Hal itu dibuktikan dengan inisiatifnya pada 1905 untuk mendirikan sekolah modern pertama yg digagas KH Ahmad Dahlan sebagai upaya memberantas tuna aksara. Pada rapat Tahunan 1921 Muhammadiyah juga secara resmi menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa yg digunakan pada acara resmi Muhammadiyah. Bahasa melayu inilah yang menjadi cikal bakal Bahasa Indonesia yg dideklarasikan pada Kongres Pemuda 2 di Jakarta pada 1928. Dengan Membaca jendela dunia bisa terbuka, dengan membaca wawasan dan ilmu sebagai salah satu sumber hidayah akan didapatkan. Untuk bisa membaca tentu harus ada tulisan, untuk ada tulisan tentu harus ada yang menulis. Dalam Pengantar dari blog kajian warga Muhammadiyah Kutai Timur ini Pimpinan Redaksi dan segenap Tim Redaksi mengajak kepada pembaca untuk turut andil dalam pemuatan buletin dengan turut serta menulis. Nuun, walqolami wamaa yasturuun, adalah semboyan gerakan Pelajar Muhammadiyah yang menyimbolkan bahwa Pelajar Muhammadiyah adalah pencinta ilmu dan gemar menulis. Sepandai dan sejenius apapun Dia, sepanjang tidak pernah menulis maka Dia akan hilang ditelan zaman. Zaman terus berubah dengan interval semakin cepat. Kemampuan dan pengetahuan pun harus diupgrade sepanjang masa. Gerakan Iqra dan Qalam adalah adalah api dengan bara, keduanya saling melengkapi untuk bisa menjadikan cahaya dalam kegelapan. Dalam konteks lain, iman dengan ilmu adalah saudara kembar yang harus berjalan seirama. Iman tanpa ilmu adalah pincang, karena bisa beriman dengan cara yang tidak benar dan ilmu tanpa iman adalah buta, karena berilmu tanpa iman bisa membuat kerusakan.

Berikut adalah Tim Almanar Kutim : 
Penanggung Jawab                : PDM KUTAI TIMUR
     Pimpinan Redaksi              : Yakub Fadillah, SIP  (MPK PDM Kutai Timur)
     Tim Redaksi                       :
1. Rishaniya, S.Pd  (PD Asiyiyah Kutai Timur)
2. Hairy Anshari, S.Pd.I, M.Si  ( PD PM Kutai Timur)
3. H. Aprilianur, SIP (PIMDA Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kutai Timur)
4. Qurrotul Af’idah, S.Pd ( PDNA kutai Timur)
5. Masrial Hamsyah (PD IPM Kutai Timur)
    Sekretariat : Masjid AR Fachroeddin, SMK Muhammadiyah 1 Sangatta, Jl KH Ahmad Dahlan Sangatta Utara Kutai Timur, Web : http://almanarkutim.blogspot.

Bagi Kader, Warga dan Simpatisan yang berminat menulis pada buletin ini bisa dikirim melalui email almanarkutim@gmail.com
Kriteria Penulisan adalah sebagai berikut :

1. Pemuatan tulisan diutamakan bermuatan ideologi Muhammadiyah
2. Tidak menyerang Pergerakan Islam maupun ORMAS lain
3. Tidak bermuatan meresahkan umat
4. Tidak bermuatan makar terhadap NKRI.

Fastabiqul Khairot,
Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Salam Pena
Tim Redaksi Almanar Kutim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar